Jumat, September 05, 2008

Menggambar Peta Gua Menggunakan Software Compass dan Corel Draw

Compass, adalah sebuah software (dapat diunduh dari http://fountainware.com/compass/) yang dibuat khusus untuk memproses data mentah hingga menghasilkan peta gua. Namun, untuk menghasilkan peta gua yang dua dimensi yang tampilan dan isinya berdasar standar peta, membutuhkan pekerjaan tambahan. Software tersebut adalah software yang dipergunakan untuk menggambar, misalnya Corel Draw dan Adobe Illustrator.

Berikut ini adalah tahapan (tidak detail) dari input data mentah pada Softwre Compass untuk pengolahan data hingga penggambaran center line, dan penggambaran detail menggunakan Corel Draw.

1. Input Data Mentah

2. Proses Data

Menggunakan software Compass ini, pengolahan data adalah suatu proses yang tidak terlihat. Sehingga setelah tahap proses, hanya bisa langsung dilihat hasil petanya seperti di bawah ini.

Contoh Centerline Peta Gua Hasil Pengolahan Oleh Compass

3. Menggunakan Corel Draw Untuk Menggambar dinding gua dan detail situasi lorong

Center line hasil proses data oleh Compass, seperti di bawah ini, dapat dipergunakan untuk basis penggambaran peta gua lengkap yang memiliki outline dinding lorong dan detail lorong yang menggambarkan situasinya. Yaitu menampilkan simbol simbol peta gua: air, lumpur, kerikil, stalactite, stalagmite, dll.

Gambar Centerline pada Corel

Gambar centerline yang sudah dilengkapi dengan dinding lorong


Mulai menggambar situasi lantai gua


Gambar Peta Gua Lengkap, Detail Situasi Seluruh Lorong Dan Simbol

Gambar peta gua diatas sudah lengkap dengan outline dinding lorong dan detail situasinya. Nilai tambah bagi peta tersebut adalah, bahwa kita bisa menggunakan warna sebagai pengganti peta gua konvensional yang selama ini kita kenal hanya hitam dan putih. Bagi seorang yang memiliki estetika visual yang baik, akan mampu berbuat jauh lebih baik dari pada orang lain.

Jika menginginkan menggambar gua secara perspektif, maka, dari Compass kita juga bisa menampilkan sudut pandang yang kita pilih. Lihat contoh gambar di bawah. Kemudian hasil tersebut bisa kita pergunakan sebagai gambar dasar untuk menggambar perspektif peta gua. Aplikasinya bisa dilihat pada Materi Menggambar Model Gua Menggunakan AutoCAD, COMPASS, dan Adobe Photoshop.


Gambar Peta Gua Perspektif dari Compass Untuk Penggambaran Peta Gua Perspektif Tiga Dimensi.


1 komentar:

  1. keren.. cara dapetin softwarenya gimana y?
    makasih sblmnya...

    BalasHapus

Trimakasih sudah mau Komentar