Selasa, Januari 24, 2012

Pendidikan Lanjut Air Lingkaran

 Perjalanan Awal Lingkaran! Pendidikan Lanjut Air.

Saya selaku penulis memohon maaf atas keterlambatan Field Report ini. Karena terdapat beberapa alasan dan terpotong waktunya oleh liburan.

Hari Senin tanggal 22-23 January 2012, Dewan Pengurus PALAFNE mengadakan Pendidikan Lanjut untuk teman-teman Anggota Muda Angkatan Lingkaran. Persiapan dimulai dari 2 minggu sebelum kegiatan berlangsung. Selama 2 minggu, para Lingkaran mulai belajar menjadi Panitia Pelaksana setelah diberikan Pendidikan Kepanitiaan sebelumnya. Mereka belajar berkoordinasi, saling mengontrol dan mengingatkan. Ya, disinilah proses awal yang sebenarnya.

Setelah semua peralatan terkumpul, materi sudah didapatkan sebelumnya dan pada akhirnya mereka semua siap untuk melaksanakan Pendidikan Lanjut ini. Keberangkatan ke Magelang saya lupa jelasnya karena banyak yang berbeda jam keberangkatannya, tetapi Lingkaran tetap bersama-sama ke Magelang di temani Operasional PALAFNE. Setelah itu Tim Lingkaran mempersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan pada pengarungan pagi hari esok dan langsung terlelap diatas tikar.

22 January 2012 Pukul 05.00, Tim Lingkaran saling membangunkan dan setelah itu mempersiapkan makanan, snack dan peralatan yang akan digunakan dalam pengarungan pertama hari 1. Setelah semua makan, langsung Tim Lingkaran dan Tim Hura Hore saling berebutan untuk memilih pelampung yang terbaik. “Selamatkan diri kalian! Karena bagaimanapun alat itu merupakan nyawa kita.” tentunya setelah dia mendapatkan pelampung yang terbaik kata Jul. Sekitar 06.30 semua Tim (2 Perahu) berangkat ke Start Point Sungai Elo.
Sesampainya di Start Point kami langsung cek dan ricek seluruh peralatan, disini kesalahan yang sangat fatal dilakukan teman-teman Lingkaran, mereka meninggalkan seluruh Carabiner Oval di Base Camp dan belum memberikan izin ke Polres dekat Start Point (saya lupa nama daerah Polresnya). Ya, karena ada satu motor untuk Tim Dokumentasi, akhirnya Zaky dan Agus kembali lagi ke Base Camp dan menyelesaikan seluruh tugas-tugasnya. Ini menyebabkan mundurnya waktu pengarungan sekitar 40 menit.

Zaky dan Agus sudah tiba dan langsung memompa perahu, memasang body flip dan pemanasan. Perahu Lingkaran di isi oleh Zaky, Agus, Upil, Anis, Ilham, Dimas dan Budi (Pemateri). Perahu Tim Hura Hore di isi oleh Jul, Umam, Aik, Gentong, Ipunk (Joker), Yudha (Simpatisan) dan Mbak Astrid (Simpatisan). Pengarunganpun dimulai, Tim Hura Hore menunggu dibawah Jembatan Blondo selaku Tim Rescue dan seluruh teman-teman Lingkaran Renang Jeram dari Start Poin-Jembatan Blondo, setelah itu latihan dayung lagi di bawah Jembatan Blondo untuk memantapkan dayungan dari teman-teman Lingkaran.

Setelah semua dayungan dari teman-teman Lingkaran hampir sempurna, mereka langsung melaksanakan pengalaman pertama mereka berarung jeram. Sesampainya di bawah Jembatan Bambu, Tim Lingkaran melaksanakan lagi materi flip-flop dan di Kedung Celeng melaksanakan materi Rescue (melempar throwing bag), perahu Tim Hura Hore pun sempat wrapping di sini. Semua materi sudah didapatkan, sekarang semua tim sudah sampai di Rest Area dan sudah ada Tim Dokumentasi yang siap memotret kami. Istirahatlah kami dengan ditemani rokok, roti-roti dan es kelapa muda.
Setelah semua tim merasa cukup untuk beristirahat, langsung semuanya mengecheck kembali tekanan perahu dan memakai kembali helm, pelampung dan tidak lupa juga body flip untuk Tim Lingkaran. Di sini Tim Lingkaran melakukan pengarungan seperti biasa hingga finish, tidak ada materi lagi setelah beristirahat di Rest Area. Ketika kami hampir sampai di Finish, Tim Dokumentasi sudah siap memotret kami dari pinggir sungai dan sampailah kami di Finish Point. Karena mobil penjemput perahu kami belum tiba, akhirnya main-mainlah kita di Finish Point, seperti lomba cepat dayung dan bermain di standing wave sekitar finish.

Akhirnya mobil penjemputpun tiba, kami langsung mengangkat perahu, memasukan dayung dan masuk ke dalam mobil. Di Base Camp sudah tersedia makanan yang sebelumnya sudah di pesan, semuanya melahap makanan itu sampai tidak ada sisa. Makan selesai dan dilanjutkan oleh udutan, setelah itu Tim Lingkaran berangkat kembali ditemani oleh Tim Hura Hore.

Pada pengarungan kedua hari 1 ini tidak ada yang berbeda dengan pengarungan pertama, hanya saja Tim Hura Hore banyak berganti orang, di isi oleh Jul, Umam, Gilang, Ipunk, Wanto, dan Yasa, kali ini hanya di isi oleh 6 orang. Pada pengarungan kedua ini, Pendamping yang berangkatan Legenda (Jul, Umam, Gilang, Dimas) juga ikut merasakan renang jeram, karena ingin merasakan lagi renang jeram. Pengarunganpun dimulai lagi kali ini, materi masih sama seperti pengarungan hari pertama.

Kedung Celeng, Keriting dan Rest Area, setelah itu melewati jeram Tapak dan sampai lagi di Finish Point. Sesampainya di Base Camp sudah ada makanan lagi yang menunggu para pengarung ini. Makan dan udut selesai, mereka langsung bergegas untuk mandi dan dilanjutkan kembali dengan Evaluasi Kegiatan. Setelah itu mereka semua beristirahat, karena masih ada 2 trip lagi yang akan mereka laksanakan besok.

24 January 2012, Pukul 05.00 semua Tim Lingkaran sudah bersiap-siap. Ada yang memesan makanan dan mempersiapkan peralatan. Makanan pagi ini datang, semuanya langsung melahap makanan itu dan mobil penjemput pun juga datang. Semua Tim Lingkaran sudah siap untuk melaksanakan pengarungan hari ini dengan materi Skippering. Semuanya pun langsung naik ke mobil menuju ke Start Point.

Hari ini Tim Lingkaran hanya sendiri, tidak ada perahu pendamping. Mereka hanya ditemani oleh Budi dan Dimas. Langsung saja dari start mereka menyekipperi perahu PALAFNE hingga finish. Saya tidak tahu waktu pastinya dalam pengarungan pertama hari 2 ini karena saya tidak mengikutinya. Tiba-tiba datang Ilham dan Zaky ke Base Camp dengan berjalan kaki, kami yang di Base Camp pun menanyakan “Kok pengarungannya cepet banget? Katanya jam 1 baru selesai?” Zaky pun menjawab, “Anu mas, Dry Bag nya ketinggalan jadi kita mau pinjam motor buat kembali lagi ke Rest Area”. “Aduuh, yaudah cepat!” jawab saya.

Kali ini saya sudah benar-benar kecewa dengan kecerobohan Tim Lingkaran dan memang berencana memberikan punishment kepada mereka yang ceroboh tersebut, karena kejadian fatal ini sudah terjadi 2 kali (pengarungan pertama hari 1 saat di start dan sekarang). Akhirnya merekapun mendapatkan Dry Bagnya di Rest Area, dan mobil penjemputpun sampai di Base Camp. Seperti biasa, mereka makan siang.

Sama seperti hari sebelumnya, di pengarungan kedua ini tidak ada materi yang berbeda, hanya saja pendampingnya yang berbeda. Tim Lingkaran didampingi oleh Umam (Operasional PLF) dan Dimas selaku Pemateri. Semua jeram pun mereka lewati dan setelah saya menanyakan kepada Operasional PALAFNE, saya puas dengan progress materi yang mereka dapatkan, tetapi tetap ada kekurangan dalam materi renang jeram.  Setelah itu mereka mengecheck peralatan, makan dan membersihkan diri.

Setelah semuanya selesai, Humas langsung menghubungi mas Icik-Icik yang mau membantu kami dalam penjemputan perahu (Terima kasih sekali untuk mas Icik-Icik) dan kami langsung evaluasi kegiatan untuk hari ini. Sekitar jam 20.00 kami dijemput, dan langsung mengangkat perahu ke mobil. Semuanya langsung membersihkan Base Camp dan pamit ke mas Rosyid. Akhirnya setelah sampai Jogja, kamipun kembali ke rutinitas awal kami.

Terima kasih kepada KELAPA karena Perahunya sangat mendukung kami..
Terima kasih kepada mas Rosyid yang sudah menyediakan Base Camp dan Perahu untuk kami..
Terima kasih kepada mas Icik-Icik sudah mau membantu kami dalam transportasi perahu..
Terima kasih kepada Operasional PALAFNE selaku fasilitator Pendidikan Lanjut Air ini..
Terima kasih kepada mas Budi dan Dimas sudah mau menjadi Pemateri..
Dan sekali lagi terima kasih semuanya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, karena gak ada loh gak rame..

Oleh : Muhammad Zulfadillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trimakasih sudah mau Komentar