Rabu, Agustus 13, 2008

Ayo Agustusan di Puncak Gunung!

Rabu, 13/08/2008 15:31 WIB Ken Yunita - detikNews
Gunung di Indonesia Relatif Aman


Jakarta - Peringakatn proklamasi kemerdekaan RI kerap dirayakan di puncak gunung. Untuk memberi rasa aman, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVG) telah memantau 66 gunung api aktif di Indonesia.

Hasilnya, hingga 11 Agustus, 15 gunung api berstatus waspada (level II). Gunung-gunung itu adalah Anak Krakatau, Dukono, Soputan, Semeru, Lewotobi, Egon, Gamalama, Papandayan, Lokon, Talang, Kelud, Karangetang, Kerinci, Gamkonora, dan Bromo.

Demikian rilis yang dilansir PVG dalam situs www.esdm.go.id, Rabu (13/8/2008).

Selain itu, satu gunung api yakni Gunung Ibu di Kecamatan Ibu Utara, Halmahera Barat, Maluku Utara dinyatakan siaga (level III). Untuk gunung yang satu ini, PVG mengimbau agar pendaki tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung itu.

Selain itu, untuk kenyamanan pengunjung, terdapat juga Crisis Center Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencara Geologi 24 jam. Siapa saja dapat mencari informasi melalui telepon 022-7272606, 7271402, atau faksimile 022-7202761.

"Atau bisa datang langsung di Jalan Diponegoro Nomor 57 Bandung. Crisis Center sudah mulai bekerja sejak 11 Agustus 2008," demikian bunyi pengumuman dalam situs itu.

Pendaki Harus Waspada


Meski gunung api dan kawah dinyatakan cukup aman, para pengunjung tetap diharuskan waspada khususnya pada saat tidak ada Matahari. Pada dasarnya, gas kawah gunung api aktif berbahaya jika terhirup.

"Pendaki harus waspada ketika mendekati area kawah aktif khususnya saat cuaca mendung, hujan, sore atau malam hari," demikian tips dari PVC untuk para pendaki.

Selain itu, aktivitas gunung api juga dapat meningkat secara tiba-tiba. Gunung api dapat menghembuskan gas/asap atau dapat juga berupa letusan freatik/uap air.

Pada beberapa gunung api aktif yang mempunyai kubah lava yang tidak/belum stabil berpotensi terjadinya guguran kubah lava. Karena itu, ada baiknya jika pada pendaki berkoordinasi lebih dulu dengan PVG sebelum mendaki gunung.(ken/nrl)

http://www.detiknews.com/

event terkait:
Pendakian Merbabu
Gede Pangrango

1 komentar:

Trimakasih sudah mau Komentar